JENIS IKAN AQUASCAPE

Ikan hias air tawar yang dimasukkan ke dalam akuarium aquascaping tidak dapat sembarangan, karena berkaitan dengan sifat dan cara makan ikan tersebut. Terdapat jenis – jenis ikan yang perlu dihindari untuk dipelihara di akuarium aquascaping, yaitu :

  1. Ikan yang suka merusak dan memakan tanaman, seperti ikan koki, komet dan koi.
  2. Ikan yang agresif seperti jenis – jenis tiger barb ( green tiger barb) dan jenis – jenis siklid seperti ikan lemon.
  3. Ikan yang suka menggali pasir seperti red parrot dan lou han.

Jenis ikan yang direkomendasikan untuk aquascaping ialah jenis – jenis ikan yang dapat hidup berdampingan baik soliter ataupun berkelompok. Selain itu perlu di perhatikan pula apakah ikan tersebut penghuni kolom air bagian atas , tengah atau bawah, karena  akan sangat mempengaruhi keseimbangan lay out yang kita buat. Contoh – contoh ikan yang dapat dipelihara yaitu Maanvis, serpae, congo tetra, corydoras, Botia macracantha, neon tetra, flying fox, discus dan rainbow.

Jenis-Jenis Ikan Penghuni Aquascape


1. Manfish 

Ikan dengan bentuk lebar ini akan sangat elok dipelihara bersama tanaman air.

2. Discus

Termasuk salah satu ikan idola para hobiis ikan air tawar. Keindahannya terlihat dari beragamnya warna tubuh ikan. Tubuh ikan seperti lempengan. Ikan ini sering dijuluki sebagai rajanya ikan hias air tawar.

3. Congo Tetra

   Sesuai namanya ikan ini berasal dari sungai Kongo, Afrika.Ikan ini termasuk ikan yang aktif bergerak sehingga jenis ini cukup efektif penarik ikan lain supaya tidak terlalu bersembunyi/ngumpet.

 

4. Neon Tetra

    Walau panjang badannya hanya 2-3cm, ikan ini sangat indah. Sisiknya yang perak serta merah metalik bisa terlihat menyala. Ia senang menyantap cacing beku, serangga kecil, udang dan pakan kering.

5. Puntius Denisoni

   Ciri-ciri ikan ini, badan bulat memanjang seperti torpedo. Garis hitam memanjang dari ujung mulut sampai pangkal leher. Sementara di atas garis hitam ada garis warna merahsampai setengah badan. Ukuran ikan bisa mencapai 15 cm.

6. Rainbow Fish

  Warna ikan ini sangat indah. Badannya dihiasi garis-garis warna pelangi. Ukuran rainbow fish memilik panjang badan 10 cm. Ikan ini banyak ditemukan di Australia, Papua Nugini dan Indonesia.

7. Rasbora

   Orang mengenalnya sebagai ikan harlequin. Ikan dari kawasan Asia Tenggara punya semburat hologram warna merah di sisiknya. Spesies ini bisa mencapai ukuran tubuh 5 cm. Sifatnya kalem dan suka berkelompok.

8. Red Eye Tetra

   Ikan ini sangat cocok jika hendak dipelihara secara massaldalam akuarium aquascape di rumah. Sifatnya suka bergerombol. Tubuhnya berwarna keperakan. Panjang tubuhnya 5-6 cm.

9. Red Nose Tetra

 Sosok mungil dan senang hidup bergerombol. Hidungnya berwarna merah.

 

10. Sumatra Barb

    Ciri ikan ini memiliki warna loreng seperti macan. Ikan dengan tubuh berbentuk belah ketupat ini mudah dipelihara. Hanya sifatnya agak galak terkadang suka mengejar jenis ikan lain.

11. Soaboa

Sekilas tampangnya mirip red nose tetra. Soalnya di bagian hidungnya berwarna kemerahan. Namun warnanya tidak hanya di hidungnya saja tetapi sampai ke ujung ekornya.

12. Guppy

 Ukuran guppy memang mungil. Panjang tubuh betina 6 cm,sedangkan jantan lebih kecil lagi. Ciri khas ikan ini adalah pada ikan jantan yang ekornya seperti kipas dengan warna bervariasi.